BERITA

KEGIATAN

CSR

GALERI

TERAKREDITASI PARIPURNA OLEH KARS

© 2018 Rumah Sakit Pertamina Tanjung. All rights reserved.

  • White Facebook Icon

Berita & Artikel

Hari Malaria Sedunia

29 Apr 2019

Hari Malaria Sedunia (HMS) diperingati setiap tahunnya pada tanggal 25 April oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong . Pada tahun ini peringatan HMS diselenggarakan di Desa Binjai Kecamatan Muara Uya Kalimantan Selatan yang dihadiri oleh Wakil Bupati Kabupaten Tabalong bapak H. Mawardi, perwakilan Kementerian Kesehatan Subbid Malaria ibu Yetty SKM, M. Kes, perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan, Direktur RS Pertamina Tanjung dr. Farah Alkatiri, perwakilan RSUD Badaruddin Kasim Tanjung serta seluruh kepala puskesmas di wilayah Kabupaten Tabalong.

 

Kegiatan dibuka oleh dr. Taufiqurrahman Hamdie, M. Kes selaku Kepala Dinas Kesehatan. Dalam sambutannya disampaikan bahwa masih ditemukan prevalensi rate tertinggi kasus kesakitan akibat malaria terjadi di wilayah utara Kabupaten Tabalong yaitu Kecamatan Jaro dan Kecamatan Muara Uya. Dan hingga bulan April 2019 di 2 (dua) Kecamatan ini tercatat sebanyak 8 (delapan) desa masih dikategorikan endemitas tinggi. Sebagian besar penderita laki-laki dan berusia 15-54 tahun terutama masyarakat yang mata pencahariannya sebagai perambah hutan.

 

Dinas Kesehatan dan jajarannya telah melakukan intervensi pengendalian penyakit malaria yaitu kegiatan GEMA BERSINAR MALARIA (Gerakan Masuk Hutan Berantas Dan Atasi Penularan Malaria). Kegiatan ini merupakan upaya menumbuhkan keperdulian dan kesadaran masyarakat pekerja masuk hutan dalam mencegah penularan penyakit malaria harus terus dikembangkan secara berkesinambungan dan komprehensif.

 

Pada kegiatan tersebut juga diberikan secara simbolis oleh Wakil Bupati berupa kelambu dan obat nyamuk oles kepada seluruh Kepala Desa Kecamatan Jaro dan Kecamatan Muara Uya. Marilah kita bersama-sama eliminasi malaria di Tabalong tercinta.(*)

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Artikel Terbaru
Please reload