BERITA

KEGIATAN

CSR

GALERI

TERAKREDITASI PARIPURNA OLEH KARS

© 2018 Rumah Sakit Pertamina Tanjung. All rights reserved.

  • White Facebook Icon

Berita & Artikel

First Aid Training Batch 1 RS Pertamina Tanjung bekerjasama dengan Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia

2 Sep 2019

Pentingnya memiliki Petugas Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K ) di tempat kerja yang tersertifikasi Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia adalah mengantisipasi terjadinya gangguan kesehatan kerja atau pun kejadian kecelakaan di tempat kerja dengan tersedianya tenaga yang terampil dalam melakukan pertolongan pertama.

Pelatihan P3K (First Aid Training) batch 1 yang diselenggarakan selama 3 hari yaitu pada tanggal 21-23 Agustus 2019 oleh PJK3 pembina Rumah Sakit Pertamina Tanjung yang telah ditunjuk oleh Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia untuk menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan kesehatan kerja, salah satu nya adalah kegiatan First Aid Training yang bertempat di Rumah Sakit Pertamina Tanjung, kecamatan murung pudak, kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan. Dimana setiap perusahaan wajib menyediakan tenaga P3K yang terlatih dan tesertifikasi yang diatur dalam Kepdirjen No.53/DJPPK/VIII/2009 tentang Pedoman Pemberian Pelatihan dan Lisensi Pertolongan Pertama pada Kecelakaan di tempat kerja Bab 2 Pasal 3, Ayat 1 dan 2, dan Pemnaker No.03/MEN/1982 tentang Pelayanan Kesehatan Kerja.

Pelatihan Petugas P3K batch 1 ini diikuti oleh perwakilan beberapa perusahaan di wilayah Kalimantan Selatan  dari Banjarmasin hingga Tabalong diantaranya PT. Dutabahari Menara Line Dockyard, PT.Bahtera Harapan Lestari, PT. Demitra Karsa Perdana, PT.Chandra Batuah Alam Lestari (Aston Tanjung),  dan CV.Tabalong Putra Persada. Peserta pelatihan merasakan manfaat yang sangat besar dengan adanya pelatihan ini, dimana para peserta mendapatkan ilmu-ilmu medis yang belum pernah mereka dapatkan pada pelatihan serupa yang belum tersertifikasi kementerian tenaga kerja dan mendapatkan pengalaman baru berupa teknik resusitasi jantung paru/CPR dengan menggunakan alat kejut jantung,  pembidaian luka terbuka dan luka tertutup, evakuasi korban mulai dari pengangkatan yang benar dari lokasi kejadian hingga ke dalam ambulance milik Rumah Sakit Pertamina Tanjung.

Selain itu diberikan pula teori tentang anatomi dan fisiologi tubuh manusia, pertolongan pertama pada gangguan umum, pertolongan pertama pada gangguan khusus, pertolongan pertama pada gangguan lokal, pertolongan pertama pada gangguan kejang, pajanan suhu lingkungan dan bahan kimia, resusitasi jantung paru, serta tanggap darurat dan evakuasi korban dalam pertolongan pertama.

Instruktur yang memberikan pelatihan petugas P3K ini terdiri dari instruktur senior dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi (Disnaker prov) Kalimantan Selatan, Dokter dan Praktisi Rumah Sakit Pertamina Tanjung yang telah berpengalaman dan berkompeten di bidangnya. Setiap peserta yang telah mengikuti kegiatan ini juga akan mendapatkan sertifikat P3K yang dikeluarkan oleh Kemnaker RI dan buku saku dari Disnaker Prov Kalimantan Selatan.

Selama kegiatan berlangsung peserta maupun trainer tampak antusias, kami berharap peserta yang sudah terlatih ini dapat memberikan manfaat dalam menerapkan ilmu dan ketrampilannya di lingkungan kerja dan masyarakat sekitar. Kami ucapkan pula terima kasih atas kepercayaannya terhadap PJK3 Rumah Sakit Pertamina Tanjung. Selamat datang di keluarga besar Rumah Sakit Pertamina Tanjung bagi First Aider batch 1. Sukses selalu, salam sehat dari kami.

Bagi perusahaan-perusahaan yang ingin mengirimkan pekerjanya mengikuti pelatihan petugas P3K atau pun mengadakan di perusahaan bapak/ibu dapat menghubungi penanggungjawab PJK3 Rumah Sakit Pertamina Tanjung ( Vica Wijayanti : 081325455661). Kami siap melayani anda.

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Artikel Terbaru
Please reload